Beranda | Artikel
Kandungan Risalah Ushul Tsalatsah
Senin, 2 Januari 2017

Syaikh Ibrahim bin Amir ar-Ruhaili hafizhahullah berkata :

فإن هذا الكتاب اشتمل على الأصول الثلاثة العظيمة التي يُسأل عنها العبد في قبره، وهي أول ما يُسأل عنها العبد، فإن أجاب ووفِّق كان هذا دليل السعادة والتوفيق وإنْ لم يوفّق فهذا دليل الخذلان وعدم التوفيق

Sesungguhnya kitab ini mengandung tiga perkara pokok yang sangat agung dimana setiap hamba kelak akan ditanya tentang hal itu di dalam kuburnya. Hal itu adalah pertanyaan awal yang akan diajukan kepada setiap hamba. Apabila dia bisa menjawab dan diberi taufik itu adalah pertanda kebahagiaan dan taufik. Dan apabila dia tidak diberi taufik untuk menjawab -dengan benar- maka ini adalah pertanda celaka dan tidak mendapatkan taufik.

والسؤال في القبر إنما هو ثمرة عمل، وليس بمقدور الإنسان أن يجتهد بالإجابة على هذه الأسئلة بالعلم دون العمل ، وليس الأمر مبناه على ما عليه الإنسان في الدنيا وإنما هو انتقال إلى الدار الآخرة

Pertanyaan di alam kubur sesungguhnya merupakan buah dari amalan (yang telah dikerjakan di dunia, pent). Bukanlah perkara yang berada di dalam jangkauan kekuasaan manusia untuk bersungguh-sungguh memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini apabila di dunia dia tidak mengamalkannya. Sehingga masalah ini bukan seperti urusan yang dijalani manusia di alam dunia. Akan tetapi hakikat peristiwa itu ialah proses perpindahan menuju kampung akhirat.

فالقبر هوأول منازل الآخرة وهو يلحق بالآخرة من جهة انقطاع العمل ، وأنْ الإنسان يُجازى بعمله ، ومن هنا يتبيّن أنَ هذه الأسئلة وإن ظهرت في سورة الإمتحان- يعني- وأنّ الإنسان يمتحن فبناءً على هذا الإمتحان يكون الجزاء الثواب، إلا أنّ في الحقيقة الثمرة للعمل فمن كان موفقاً للعمل بهذه المسائل يوفق للإجابة

Sebab kubur itu adalah persinggahan pertama di alam akhirat. Alam kubur tercakup dalam alam akhirat dari sisi terputusnya amalan dan bahwa setiap manusia akan mulai menerima balasan atas amalnya. Dari sinilah jelas bahwasanya pertanyaan-pertanyaan ini meskipun ia tampak dalam bentuk sebuah ujian -artinya- ketika itu manusia diberi ujian lantas dari hasil ujian ini diberikan balasan atau pahala. Namun sebenarnya kejadian itu adalah buah dari amalan yang telah dikerjakan sebelumnya. Barangsiapa yang diberi taufik untuk mengamalkan perkara-perkara yang menjadi materi ujian itu niscaya dia akan diberi taufik untuk menjawab dengan benar.

ومن هنا لا يُشكِل أنّ القبر هو دار جزاء وانقطاع للعمل فكيف يكون هناك عمل؟! وإنما هذا لإظهار توفيق الله –عزوجل- لمن عمل بهذه الأصول فيظهر من كرامتهم أن الله يوفقهم للإجابة ولا يُوفِّق المفرِّط الذي فرّط في هذه الأصول

Dari sinilah -kita bisa mengetahui- bahwa bukanlah sebuah perkara yang janggal ketika alam kubur termasuk dalam cakupan alam pembalasan dan terputusnya amalan lantas bagaimana mungkin masih ada amalan ketika itu (maksudnya menjawab ujian tersebut, pent)?!

Sebab sesungguhnya hal ini terjadi dalam rangka menampakkan taufik dari Allah ‘azza wa jalla bagi orang yang mengamalkan pokok-pokok ini sehingga tampaklah dari kemuliaan yang ada pada diri mereka ketika Allah beri taufik mereka itu untuk bisa menjawabnya, dan tidak akan diberi taufik orang-orang yang teledor dalam perkara-perkara pokok ini.

فهذه الرسالة مبناها على هذه المسائل الثلاث التي يُسأل عنها العبد في قبره من ربك؟ وما دينك؟ ومن نبيك ؟.

وقد وفق الشيخ – رحمه الله – في تأليف هذه الرسالة وما اشتملت عليه من المسائل العظيمة التي تلقّاها أهل العلم بالقبول وأثنوا عليها وصرَّحوا بأنّه لا يَستغني عن هذه الرسالة لا عالِم ولا متعلِّم ، فالكلّ محتاجٌ إليها لعظم ما اشتملت عليه من المسائل.

Risalah ini dibangun di atas ketiga perkara penting ini yang kelak akan ditanyakan kepada setiap hamba di dalam kuburnya, yaitu ‘Siapa Rabbmu? Apa agamamu? Siapa nabimu?’

Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab -semoga Allah merahmatinya- telah diberikan taufik oleh Allah untuk menulis risalah ini dan menyusun perkara-perkara yang agung di dalam tulisannya sehingga para ulama menerima kandungan risalah ini dengan sepenuhnya bahkan mereka memujinya dan menegaskan bahwasanya tidak ada yang tidak butuh kepada muatan risalah ini baik dia seorang ulama ataupun penimba ilmu. Oleh sebab itu semuanya butuh kepadanya disebabkan keagungan kandungan pelajaran yang ada di dalamnya.

Sumber : Transkrip Syarh Risalah Tsalatsah al-Ushul oleh Syaikh Ibrahim ar-Ruhaili

Kesimpulan :

Dari penjelasan di atas bisa kita tarik kesimpulan bahwa kemampuan menjawab pertanyaan kubur tidaklah berdasarkan kecerdasan seseorang ketika di alam dunia. Sepintar apapun orang dalam menguasai ilmu aqidah dan tauhid tetapi apabila dia tidak mengamalkannya dan tidak meninggal di atas iman maka di alam kubur dia tidak akan diberi taufik untuk menjawabnya.

Sebagaimana yang telah diterangkan oleh Syaikh Ibrahim di atas, bahwa sesungguhnya pertanyaan di alam kubur adalah buah dari amalan yang dikerjakan manusia ketika masih hidup di dunia. Dengan bahasa lain bisa kita pahami bahwa ilmu aqidah Islam ini tidak akan bisa menyelamatkan pemiliknya apabila dia tidak mengamalkannya. Aqidah tauhid ini bukan sekedar teori dan kumpulan wawasan belaka. Oleh sebab itu tauhid uluhiyah atau tauhid ibadah yang hal ini menjadi inti risalah semua nabi ‘alaihimus salam disebut juga oleh para ulama dengan nama tauhid ‘amali; karena yang dituntut ialah pengamalan aqidah itu, bukan semata-mata ilmu atau pemahaman.


Artikel asli: https://www.al-mubarok.com/kandungan-risalah-ushul-tsalatsah/